Rabu, 02 Maret 2016

Pantau LRT Palembang, Jokowi: Gubernur Sumsel Bilang Palembang Mulai Macet

Pantau LRT Palembang, Jokowi: Gubernur Sumsel Bilang Palembang Mulai Macet

Kamis, 03/03/2016
Pantau LRT Palembang, Jokowi: Gubernur Sumsel Bilang Palembang Mulai Macet Foto: Ardan Adhi Chandra

Palembang -Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan. Jokowi ingin LRT jadi sarana transportasi massal.

"Gubernur Sumsel September lalu menyampaikan lalu lintas Palembang mulai macet. Sehinggga beliau usulkan agar dari airport menuju ke kota itu ada transportasi massal, saya sampaikan setuju. Kemudian juga kedua saat itu saya janjikan asal masalah lahan disiapkan dari Pemprov nanti konstruksi dan LRT-nya bagian pemerintah pusat semuanya," tutur Jokowi usai peninjauan di Palembang, Kamis (3/3/2016).



Syarat dari Jokowi ini disetujui oleh Gubernur Sumsel, Alex Nurdin. Lalu pada November 2015 Keputusan Presiden (Kepres) untuk proyek ini keluar. LRT ini memang dalam jangka pendek untuk Asian Games 2018. Namun untuk jangka panjang, Jokowi ingin LRT menjadi alat transportasi massal di kota ini.

"Harus ada koneksi udara ke darat menuju ke kota, airport ke kota harus ada transportasi massal dalam jangka panjang. Kita tidak mungkin lagi beri ruang mobil pribadi masuk airport, harus dikurangi, sehingga ini visi jangka panjang transportasi massal di Sumsel Palembang kita harapkan sebelum Asian Games sudah selesai," papar Jokowi.



Dia mengatakan, anggaran untuk pembangunan LRT ini kurang lebih Rp 7 triliun, yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Sementara pemerintah daerah harus menyelesaikan pembebasan lahannya.

Jokowi mengatakan, bila pemerintah pusat dan daerah bekerja sama seperti proyek LRT Palembang ini, maka pelaksanaan proyek bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Akan ada 5 zona rute yang dilewati oleh sarana transportasi yang dibuat untuk menyambut Asian Games 2018 ini. Ada 13 stasiun yang dibangun untuk LRT ini. Panjang total proyek ini adalah 23 kilometer (km).

Kementerian Perhubungan menjadi penyelenggara proyek, sementara kontraktornya adalah PT Waskita Karya Tbk. Proyek ini ditargetkan rampung 2018.

Berikut lima zona rute LRT Palembang:

Zona I

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudding - Simpang Bandara - Simpangan Tanjung Api-Api

Zona II
Jalan Tanjung Api-Api - Jalan Kol.H.Burlian - Jalan Demang Lebar Daun - Simpang Polda

Zona III
Simpang Angkatan 45 - Jalan Angkatan 45 - Simpang Palembang Icon - Jalan Kapten A. Rivai - Simpang Charitas - Jalan Jenderal Sudirman

Zona IV
Jembatan Ampera - Jalan Gubernur H. A. Bastari dan Zona D

Zona V
Jakabaring Sport City

sumber : http://finance.detik.com/read/2016/03/03/142913/3156707/4/pantau-lrt-palembang-jokowi-gubernur-sumsel-bilang-palembang-mulai-macet?f9911013

Setibanya di di Bandara SMB II Palembang, Jokowi Langsung Tinjau Pengerjaan LRT

Kamis, 3 Maret 2016 13:55

Setibanya di di Bandara SMB II Palembang, Jokowi Langsung Tinjau Pengerjaan LRT
SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH
Beberapa pejabat Pemprov Sumsel dan Palembang menunggu kehadiran Presiden Jokowi di proyek LRT Bandara SMB II Palembang,
SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Begitu tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengunjungi Zona I pengerjaan Light Rail Transit (LRT), Kamis (3/3/2016).
Turut hadir di lokasi tersebut Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki, dan Walikota Palembang Harnojoyo.
Hadirnya Jokowi untuk melihat progres pengerjaan LRT di Palembang yang telah dimulai pada Oktober tahun lalu.
 sumber : http://palembang.tribunnews.com/2016/03/03/setibanya-di-di-bandara-smb-ii-palembang-jokowi-langsung-tinjau-pengerjaan-lrt

Pejabat Menunggu Kedatangan Jokowi di Proyek LRT Palembang (Foto)

Kamis, 3 Maret 2016 13:53

Pejabat Menunggu Kedatangan Jokowi di Proyek LRT Palembang (Foto)
SRIPOKU.COM/ZAINI
Sejumlah pejabat Dishub Provinsi Sumsel, Kota dan Kepala Dinas di lingkungan Pemprovinsi Sumsel berkumpul di bawah tenda proyek LRT di Jalan Bandara Internasional SMB II Palembang, menunggu kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi),
sumber : http://palembang.tribunnews.com/2016/03/03/pejabat-menunggu-kedatangan-jokowi-di-proyek-lrt-palembang-foto

Presiden Tinjau Pembangunan LRT Palembang

Kamis, 3 Maret 2016
Presiden Tinjau Pembangunan LRT PalembangPresiden Joko Widodo (tengah) didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kanan), dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kedua kiri) menyapa wartawan saat kunjungan kerja di Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumsel, Kamis (3/3). Presiden meninjau proyek pembangunan infrastruktur LRT, tol Palembang-Indralaya, dan Wisma Atlet tambahan sebagai penunjang Asian Games 2018. 

Presiden Tinjau Pembangunan LRT PalembangPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (kedua kiri) membubuhkan tanda tangan usai meninjau pembangunan Light Rail Transit (LRT) di zona 1 Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumsel, Kamis (3/3). Presiden meninjau proyek pembangunan infrastruktur LRT, tol Palembang-Indralaya, dan Wisma Atlet tambahan sebagai penunjang Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

sumber : http://www.antaranews.com/foto/96772/presiden-tinjau-pembangunan-lrt-palembang

Jonan: Kita Akan Trail LRT Palembang 2018


PALEMBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakayat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Sekertaris Kabiner Pramono Anung, telah tiba di Palembang, Sumatra Selatan.
Adapun turut mendampingi kedatangan Presiden beserta rombongan, Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko serta Direktur Utama Waskita Karya M Cholic.
Berada di Zona I lokasi peninjauan proyek kereta cepat, Light Rali Transit (LRT), Menteri Perhubungan Ignasius Jonan langsung memberikan penjelasan terkait proyek LRT Palembang.
Jonan menjelaskan, tujuan pembangunan proyek LRT Palembang untuk memenuhi kebutuhan moda transportasi bagi masyarakat Palembang.
"Trase Bandara sampai Jakabaring. Ini tidak hanya untuk Asian Games saja pa. Tapi digunakan juga untuk digunakan akses jalur Kota Palembang,"ujar Jonan di Zona I Proyek LRT Palembang, Sumsel, Kamis (3/3/2016).
Jonan mengatakan, pembangunan sudah dimulai sejak 4 bulan dan saat ini tiang-tiang pancang sudah berdiri. "Ini sudah sesuai dengan arahan Bapa," ujar Jonan kepada Presiden Jokowi.
Dalam pembangunannya, nanti akan ada 13 stasiun dan satu stasiun sejajar dengan stasiun Jembatan Ampera. "Untuk stasiun memang tidak urut Pak (Jokowi) pembangunnya, sesuai dengan jarak.
Sementara itu untuk target, Jonan mengatakan akan selesai pada 2018. " Kita akan trail 2018 Pak (Jokowi)," tuturnya.
 Aktivitas pembangunan Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan di zona Jalan Kolonel Haji Burlian Palembang, Sumsel, Senin (29/2).
Aktivitas pembangunan Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan di zona Jalan Kolonel Haji Burlian Palembang, Sumsel, Senin (29/2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar