Minggu, 21 Februari 2016

Presiden Jokowi dijadwalkan tinjau pembangunan LRT Palembang

Presiden Jokowi dijadwalkan tinjau pembangunan LRT Palembang

Presiden Jokowi dijadwalkan tinjau pembangunan LRT Palembang
Proyek kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) di Jalan Kol. H. Barlian KM 6,5 Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (12/2) yang akan menghubungkan jalur sepanjang 24 kilometer dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II sampai ke kawasan Jakabaring untuk mendukung Asian Games 2018. (ANTARA/Nova Wahyudi)
Jadi, pemantauan perkembangan pembagunan itu penting supaya selesai sesuai rencana."
Palembang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadawalkan meninjau perkambangan pembangunan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Palembang dalam waktu dekat ini, kata Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, peninjauan tersebut untuk mengetahui hambatan yang ada dalam proses pembangunan LRT yang diharapkan selesai sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

"Jadi, pemantauan perkembangan pembagunan itu penting supaya selesai sesuai rencana," katanya.

Ia mengemukakan, saat ini sedang dikerjakan pembangunan jalur LRT, termasuk akan mengerjakan terminal pemberhentian sementara yang ada beberapa di antaranya mengalami pergeseran lokasi dari perencanaan awal, agar lebih memudahkan akses bagi calon penumpang.

Namun, ia menyatakan, pergeseran lokasi tersebut tidak akan berpengaruh terhadap waktu pengerjaannya.

"Begitu juga biaya, tidak ada masalah karena hanya pindah tempat saja," demikian Alex Noerdin.
sumber : http://www.antaranews.com/berita/546129/presiden-jokowi-dijadwalkan-tinjau-pembangunan-lrt-palembang
Ilustrasi 3 dimensi jalur LRT yang berdampingan dengan Jembatan Ampera
Ilustrasi 3 dimensi, nantinya jalur LRT Palembang akan berdampingan dengan Jembatan Ampera
Proyek transportasi publik terbaru yang dibangun pemerintah, Kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang akan memiliki jalur yang berdampingan dengan Jembatan Ampera yang selama ini menjadi ikon dari Kota Palembang. Jalur yang akan berdampingan tersebut berada antara Stasiun Ampera dan Stasiun Polresta, tepatnya diantara kilometer 16 dan kilometer 17.
LRT Palembang merupakan proyek transportasi publik yang dibangun untuk membantu menyelesaikan masalah kemacetan di Palembang sekaligus persiapan untuk menyongsong Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Palembang dan Jakarta. Jalur LRT Palembang akan membentang sepanjang 22 kilometer, menghubungkan Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Jakabaring Sport Center yang akan menjadi venue Asian Games 2018.
Kontraktor dari proyek ini adalah PT Waskita Karya sementara operator kereta dan jalurnya akan diserahkan ke PT Kereta Api Indonesia (KAI). Rencananya pembangunan akan dimulai pada Januari 2016 dan akan selesai pada 2017 akhir dan ditargetkan mulai beroperasi pertengahan 2018 atau sebelum dimulainya Asian Games. Pendanaannya sendiri akan menggunakan anggaran Kemenhub sebesar 7 Triliun Rupiah dan akan dibayarkan melalui APBN 2017 dan 2018.
sumber : https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/40143/jalur-lrt-palembang-akan-berdampingan-dengan-jembatan-ampera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar